Review Jasa GO-CLEAN

20171118_100243-01

Pasca pindah rumah, masih banyak hal-hal yang harus diatur di dalam rumah. Setiap akhir pekan, hampir jarang saya berada di rumah saja untuk bersantai. Pasti ada aja deh yang harus dibeli untuk mengisi rumah, mulai dari yang penting seperti perlengkapan untuk anak bayi, lemari penyimpanan, sampai hal-hal yang menurut kita kecil tapi ternyata esensial juga seperti satu set perkakas rumah.

Akibatnya, rumah jadi nggak terawat. Selama sebulan lebih ini, bisa dihitung dengan jari frekuensi saya dan suami bersih-bersih rumah secara menyeluruh. Makanya pas akhir pekan kemarin ada waktu di rumah, saya sempatkan untuk membersihkan rumah. Karena space yang harus dibersihkan banyak dan saya sedang hamil besar, saya memutuskan untuk pakai GO-CLEAN, sebuah jasa bersih-bersih rumah dari GO-JEK.

Saat masuk ke aplikasi GO-JEK dan memilih GO-CLEAN, saya diarahkan untuk men-download aplikasi GO-LIFE yang berisi kumpulan jasa oleh tenaga profesional yang memberikan solusi untuk kategori lifestyle. Setelah klik GO-CLEAN, saya diberikan pilihan untuk memakai jasa tanpa tools alias kita sendiri yang menyediakan alat pembersihnya (Rp 35,000/jam) atau menggunakan tools dari tenaga pembersihnya (Rp 45,000/jam). Karena saya merasa peralatan bersih-bersih saya kurang maksimal, saya memilih menggunakan peralatan dari pihak GO-CLEAN saja.

   Screenshot_20171121-092808  Screenshot_20171121-092821

Selanjutnya saya dihadapkan dengan pilihan ruangan apa saja yang mau dibersihkan dan jumlah ruangannya. Ada pilihan kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan lainnya. In my case, saya memilih 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruangan lainnya alias ruang keluarga, dapur, dan ruang tamu. Setelah itu muncul opsi untuk penggunaan jasa lainnya seperti menyetrika, mencuci piring, dan membersihkan area-area rumah seperti kabinet, kulkas, kitchen set, dan kompor. Di bawahnya sudah ada total dan estimasi waktu pengerjaannya.

Next, kita diminta untuk memilih gender pekerja dan jumlah orangnya. Ternyata menambah jumlah pekerja free dan dapat berubah sesuai dengan banyaknya jenis pekerjaan dan jumlah waktu pengerjaan. Lalu ada keterangan untuk pekerjanya mengenai bagaimana mereka bisa masuk ke bangunan yang akan dibersihkan, apakah kita sendiri yang akan membukakan pintu atau misalnya kalau kita nggak ada di rumah, bisa kasih keterangan kuncinya ada dimana supaya pekerjanya bisa masuk.

   Screenshot_20171121-093423  Screenshot_20171121-093427

Berikutnya, kita diberikan rincian harga untuk setiap pekerjaan yang kita inginkan beserta pengisian alamat dan waktu pengerjaan. Enaknya pakai GOCLEAN, kita bisa order pengerjaan untuk esok hari dan jam yang bisa kita sesuaikan. Selanjutnya akan ada konfirmasi detil pekerja dan total pembayarannya. Kalau sudah oke semua, kita langsung tekan tombol order saja dan tunggu sampai ada pekerja GO-CLEAN yang mengambil order kita.

Dari pengalaman saya, nggak sampai semenit sudah ada pekerja yang mengambil orderan kita. Disitu langsung tertera nama pekerjanya dan tombol untuk menghubungi pekerjanya by message or by phone. Kemarin yang mengambil orderan saya namanya Mbak Wahyuni. Setelah SMSan, kita sepakat untuk memulai pekerjaan bersih-bersih esok harinya jam 10 pagi.

Besok paginya, Mbak Wahyuni sudah datang jam 9:30 pagi dengan seragam GO-CLEAN dan seperangkat alat pembersih. Setelah menjelaskan ulang jenis pekerjaan dan areanya, Mbak Wahyuni mengeluarkan vacuum cleaner dari kotak besar yang berisi peralatan bersih-bersih yang ternyata adalah pengganti sapu. Setelah divacuum, Mbak Wahyuni mengepel seluruh lantai di area yang sudah dijanjikan. Lantai-lantai saya yang penuh dengan noda-noda yang membandel diberikan bubuk pembersih oleh Mbak Wahyuni sehingga semuanya hilang seketika dan lantai jadi super bersih. Wow!

Yang saya suka dari Mbak Wahyuni adalah kerjaannya yang rapi, bersih, detail, cepat, dan punya inisiatif untuk membersihkan yang lainnya seperti lap kaca, meja, dan lemari tanpa diminta. Saya juga suka dengan ide mengganti sapu dengan vacuum cleaner karena debu lebih terangkat dibandingkan nyapu dengan pengki. Selain itu untuk beberapa sudut tembok yang sempit juga terjangkau dengan vacuum cleaner dan lebih nggak menguras tenaga. Untuk masalah harga, menurut saya sebanding dengan pekerjaannya dan termasuk harga yang kompetitif dan masih tergolong affordable.

Kekurangan dari jasa GO-CLEAN ini menurut saya adalah payment methodnya yang masih harus menggunakan cash. Sebagai orang yang malas ambil uang di ATM, GO-PAY adalah metode pembayaran yang menurut saya sangat efektif. Namun sayangnya untuk jasa GO-CLEAN belum bisa pakai GO-PAY. Mungkin ke depannya pihak GO-JEK bisa mempertimbangkan hal ini.

Overall, saya puas dengan jasa GO-CLEAN dan alhamdulillah dapat pekerja yang sesuai dengan harapan. Super recommended and obviously will make another order next time. 

aaa

Advertisements

leave your steps...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s