10 Tips Liburan Asik dan Hemat

tumblr_ln7ko6ewPu1qzpe8uo1_500

Ceritanya kamu muak banget sama kerjaan dan kehidupan yang nggak searah jarum jam. Rasanya pengen banget liburan yang jauh, asik, dan hemat. Nah saya punya tips liburan asik dan hemat ala saya sendiri. Bisa dipraktekkan buat kamu yang pengen traveling ke luar negeri dengan budget yang nggak begitu banyak. Nggak usah pake banyak cing cong, yuk kita simak apa aja tipsnya.

1. Cari teman perjalanan yang satu visi

Saya percaya banget kalau memilih teman perjalanan yang tepat adalah kunci dari keasikan dan keberhasilan traveling kamu. Teman perjalanan yang tepat disini maksudnya adalah orang yang kamu kenal (atau mungkin yang baru mau kenal) yang punya satu visi dan karakteristik yang sama dengan kamu. Maksudnya gimana tuh?

Misalnya kamu adalah orang yang manja, nggak mau naik angkutan umum, pengennya nginep di hotel bintang 5, dan suka belanja yang mahal mahal. Terus kamu liburannya sama teman yang hemat banget, terkesan medit, punya prinsip kalau liburan adalah menikmati setiap objek wisata disana tanpa belanja, dan mau hidup ‘susah’ di negeri orang. Udah bisa dipastikan liburan kalian akan terasa nggak asik karena kalian adalah 2 orang dengan visi dan karakter yang berbeda dalam hal liburan. Kalau misalnya nggak nemu teman yang satu visi gimana? Yaudah sendiri aja deh liburannya daripada kamu marah marah nggak jelas plus makan hati sendiri pas liburan. Ohya, kalau mau liburan beramai ramai usahakan personilnya genap ya. Biar enak aja gitu, kalau ganjil kasian yang satu bisa sendirian kalau mau naik bis atau apa kek pas disana.

2. Rajin cek tiket promo

Sesungguhnya orang yang dapat tiket promo akan mengalahkan orang yang dapat tiket yang udah dipesan berbulan bulan sebelum keberangkatan. Coba sering sering cek website low cost carrier airlines atau kalau males cek aja ke website pencarian tiket yang dengan sekali klik langsung keliatan tiket apa yang paling murah. Kalau bisa subscribe email dari airlines juga supaya langsung tau promo apa yang lagi ada. Soalnya biasanya mereka ngiriminnya lewat email.

Ada sedikit tips yang pernah saya baca di sebuah forum. Kalau kamu mau dapet tiket pesawat murah, usahakan untuk cek harga tiket di pagi hari karena kebanyakan airlines mengupdate promo dan harga tiket di pagi hari. Yang kedua adalah hapus cookies dan cache di browser kamu, karena dua hal ini menyebabkan harga lama tetap muncul di website, apalagi kalau kamu suka refresh browser kamu.

3. Menginap di hostel

Untuk memperkecil pengeluaran kamu, ada baiknya kamu memilih hostel ketimbang hotel. Kalau saya pribadi sih punya pertimbangan sendiri kenapa memilih hostel. Selain murah, tentunya saya sadar kalau saya akan berada di penginapan pada malam hari untuk tidur doang dan paginya udah harus pergi lagi untuk jalan jalan. Nggak perlu takut menginap di hostel karena banyak sekali hostel nyaman, murah, dan banyak tipe kamarnya. Kalau kamu males sharing kamar dengan strangers, kamu bisa pilih kamar yang isinya 4 bed dan khusus untuk cewek atau cowok semua. Emang sih paling enak kalau kamu perginya bareng teman teman dan jumlahnya genap, jadi bisa satu kamar dengan mereka.

Coba booking dari website traveling seperti Hostelworld dan Hostelbookers. Biasanya akan ada recommended hostel dan review lengkap hostel di negara yang akan kamu tuju. Jadi kamu nggak perlu khawatir lagi, kamu udah tau gimana kondisi hostel sebelum sampai disana. Jangan lupa pilih backpackers hostel atau hostel khusus backpackers karena biasanya mereka menyediakan banyak fasilitas traveling yang lumayan lengkap. Di Asia Tenggara sendiri sudah banyak hostel yang nyaman dan murah. Apalagi kalau kamu perginya mau ke Eropa, wah lebih nyaman lagi sih hostelnya.

4. Buat itinerary yang jelas (+ jangan lupa dijalani bener bener)

Saya nggak suka kalau pergi nggak jelas tanpa arah. Jadi ada baiknya kamu bikin itinerary alias jadwal perjalanan supaya perjalanan kamu terorganisir dengan jelas. Jadi nggak perlu bingung bingung lagi mau kemana dan ngapain. Kalau mau bikin itinerary enaknya di Microsoft Excel sih bikin kolom kolom kayak date, day, activities, time, budget, dan transportation. Jadi jelas banget jam segini harus kemana dan ngapain.

Tapi jangan lupa ya itinerarynya harus kesepakatan bersama. Dan juga yang terpenting adalah kalau bisa on time sesuai dengan jadwal yang udah dibuat supaya travelingnya asik dan semua momentnya dapet.

5. Nggak usah belanja

Itinerary udah dibuat, budget udah dibatesin mau berapa. Tapi pas sampe sana dan kebetulan mampir di tempat oleh oleh, kegoda pengen beli ini itu. Kalau emang pengen liburan hemat ya ada baiknya kamu menahan diri buat beli beli. Beli boleh, tapi kalau emang dibutuhkan banget dan yang nggak ada di negara kamu tinggal deh, jadi barang itu worth to buy dan kamu (mungkin) nggak akan nyesel.

Gimana kalau beli oleh oleh? Hmm kalau saya pribadi sih bukannya pedit ya (tapi emang kali ya), agak nggak mau beliin oleh oleh. Apalagi kalau perginya cuma ke negara yang deket deket. Soalnya palingan apa sih yang kamu beli? Lagi lagi gantungan kunci, magnet kulkas, coklat atau gunting kuku. Menurut saya sih sama aja sih dimana mana walaupun emang ada logo khas negara tersebut. Tapi… ya saya sih mendingan kalau emang niat banget sih beliin oleh oleh yang sekalian khas sana banget. Itu juga lagi lagi kalau budget saya masih ada. Lagian tujuan liburannya kan hemat. Tapi balik lagi ke visi ya.

6. Cobain makanan khas disitu

Ini wajib sih. Walaupun di Indonesia kamu udah nggak asing sama makanan khas luar negeri, tapi nggak ada salahnya kamu cobain masakan asli disana. Jadi paling nggak kamu tau lah gimana rasa aslinya. Kalau kamu anaknya pemakan segala dan nggak parnoan nyobain makanan aneh, bisa sih cobain makanan aneh khas disitu.

7. Jadi fakir wi-fi

Usahakan nggak usah beli simcard disana. Kalau bisa juga nggak usah aktifin paket internet dari Indonesia yang harganya bahkan lebih mahal daripada beli simcard disana. Coba deh buat ngandelin wi-fi gratisan. Selain kamu jadi nggak ketergantungan sama handphone, kamu juga menghemat budget kamu.

Wi-fi gratis banyak banget sekarang. Kalau kamu di hostel juga rata rata mereka nyediain wi-fi gratis. Jadi nggak perlu khawatir, kamu masih bisa berkabar sama orang rumah, pacar, atau teman kamu. Dan plusnya kan kamu bisa khusyuk liburan menikmati objek wisata yang ada.

8. Nggak usah terlalu update di social media

Ya bolehlah kamu update dikit kamu lagi dimana. Siapa tau orang rumah, pacar, atau teman bisa tau keberadaan kamu terakhir dimana. Cuma menurut saya sih nggak perlu lah terlalu update di setiap tempat yang kamu kunjungi. Selain bakal sibuk ansos sama handphone, kamu bisa aja terkesan pamer. Dan yang lebih malesinnya lagi, pasti kamu bakal dimintain oleh oleh karena ketauan lagi liburan.

9. Bikin video perjalanan

Selfie pake tongsis boleh lah. Tapi jangan lupa coba bikin video selama traveling kamu. Kesannya lebih live aja sih kalau kamu play berulang ulang di masa depan. Ya pokoknya jangan lupa tongsis, tripod, segala macem lensa, dan perlengkapan lainnya. Sekarang kan banyak aplikasi video yang ciamik, coba aja ulik ulik. Nih saya kasih contoh kayak apa video serunya.

Video 1 | Video 2

10. Waspada dan tetap bersikap wajar

Saking asiknya jalan jalan, jangan sampai kamu jadi lalai dan ada barang yang tertinggal. Pokoknya tetap waspada sama sekeliling, apalagi kamu di negeri orang. Dan jangan lupa untuk tetap bersikap wajar. Maksudnya ya jangan bikin kegaduhan dan keributan. Be nice to people. Ucapkan halo ketika bertemu orang dan terima kasih ketika mau pamit atau dikasih sesuatu. Pokoknya ya bersikap baik supaya (insya Allah) tetap aman.

Semoga bermanfaat ya! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “10 Tips Liburan Asik dan Hemat”

leave your steps...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s