10 Hal Menyebalkan Saat Lebaran

a

Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin ya. Walaupun lebaran udah lewat 3 hari, maafin saya kalo ada salah kata dan perbuatan selama ini ya. Selamat hari lebaran 1435 H!

Di postingan saya kali ini, saya mau ngelist 10 hal yang menyebalkan saat lebaran. Kenapa harus yang menyebalkan? Ya, karena yang menyenangkan mungkin terlalu banyak untuk ditulis. Lagian pasti di saat-saat menyenangkan akan suatu hal, pasti ada hal menyebalkannya juga. Siapa tau kamu pernah atau lagi mengalami hal ini. Yaudahlahya lanjut deh ini dia 10 hal menyebalkan saat lebaran.

1. Nggak dapet tiket mudik

Kamu udah bayangin ketemu sanak saudara di kampung halaman yang jauh. Tapi ternyata nasib berkata lain. Kamu nggak bisa pulang lebaran tahun ini karena nggak dapet tiket mudik pulang kampung. Nyebelin sih ya buat sebagian besar orang karena kangen-kangenannya harus ditunda dulu setahun lagi. Tips dari saya sih buat yang nggak dapet tiket mudik tahun ini, coba deh pesen tiketnya 3 bulan sebelumnya di saat semuanya mungkin belom pada mikir buat mudik.

2. Kena macet di Nagreg, Pantura, atau jalur darat manapun

Khusus buat yang nggak dapet tiket mudik dan akhirnya nekat naik mobil atau motor, nah ini. Yang paling common saya denger sih jalanan Nagreg dan Pantura yah kalo orang mau mudik. Ternyata yang namanya ujian juga ada pas mau mudik, yaitu ujian kesabaran tingkat dewa buat ngadepin yang namanya kena macet di jalan. Tapi demi ketemu saudara di kampuang mah mungkin yang namanya macet mah disabar-sabarin aja walaupun harus 30 jam lebih di jalanan. Mungkin jatah cuti bisa dialokasiin lebih banyak deh ya buat deket deket lebaran, biar pas lewat jalur daratnya sebelom orang orang pada mudik. Jadi chance buat kena macet lebih dikit.

3. Dibanding-bandingin sama saudara

Ketemu keluarga besar udah. Nah sekarang saatnya siapkan mental buat denger segala celotehan saudara saudara kamu. Yang paling males adalah kalo dibanding-bandingin sama saudara sendiri yang mungkin lebih keren, cantik, ganteng, mapan, sukses, dll. Bahkan nasib buruk juga bisa dijadikan bahan perbandingan. Misalnya lebih menderita kamu atau saudara kamu, sehingga kamu dimarahin karena kamu nggak semenderita saudara kamu. Ini pernah terjadi loh di kehidupan teman saya. Sungguh aneh tapi nyata. Ya pokoknya yang namanya dibanding-bandingin, mau kamu di posisi bagus atau jelek, sama-sama nggak enak.

4. Ditanya kapan nikah

Ini dia pertanyaan paling males yang pasti banget ditanyain sama tante-tante rempong di keluarga. Pertanyaan yang malesin juga mungkin adalah: kapan lulus. Hmmm emang nyebelin sih ditanya suatu hal yang sebenernya jawabannya tergantung kitanya gimana. Maksudnya nikah dan lulus adalah hal yang sebenernya kita sendiri yang tau jawabannya karena kita sendiri yang berusaha untuk mencapai hal itu. Jadi ya kalo ditanya, apalagi sama saudara yang rempong, agak kesel aja dan rasanya pengen jawab: “none of your damn business.”

5. Denger takbiran yang nggak niat

Saya pribadi paling kesel dengerin orang yang ngaji, adzan, atau takbiran di mesjid pake toa dengan suara yang nggak niat. Menurut saya tiga hal tersebut udah seharusnya dilafalkan dengan sepenuh hati dan indah. Jadi kalo ada orang takbiran dari mesjid dengan suara dan nada yang kayak nggak niat dan malah merusak keindahan takbiran tersebut, rasanya pengen ditendang sekali di mukanya. Mendingan nggak usah takbiran deh lo.

6. Petasan eeeverywhere

Lebaran identik dengan selebrasi. Yang mana orang orang doyan banget merayakannya dengan nyalain petasan. Seiring berjalannya waktu dan seiring bertambahnya umur, menurut saya sih yang namanya lebaran mungkin enakan dirayakan di rumah bersama saudara-saudara daripada harus ngabisin duit buat bakar petasan. Selain suaranya ganggu banget, kasian aja sih sama sesepuh yang udah tua bisa jantungan dengernya.

7. Harus ngasih THR

Karena masa masa dikasih THR udah lewat dan sekarang saatnya kamu yang harus ngasih THR ke sanak saudara yang masih bocah. Ya oke lah kalo emang kamu duitnya lagi banyak dan saudara yang dikasih THR dikit. Kalo saudara kamu banyak dan duit pas pasan menuju kosong, ya bersabar aja deh ya. Anggep aja itu amalan. Nah akhirnya ngerasain juga kan gimana jadi om dan tante kamu dulu pas ngasih THR ke kamu.

8. Nggak kebagian opor ayam

Karena lebaran identik sama opor ayam, jadi kalo nggak makan opor ayam rasanya gimana gitu. Kalo rumah kamu nggak masak opor ayam, ya sudahlah. Tapi kalo kehabisan opor ayam karena direnggut secara brutal sama saudara saudara emang rada ngeselin sih ya. Tapi ambil hikmahnya aja. Seenggaknya kamu masih bisa ngerasain ketupat pake kuah opor ayam walaupun nggak pake ayamnya.

9. Sholat ied kesiangan

Mungkin semalemnya kamu terlalu asik ngobrol ketawa ketiwi sama saudara saudara makanya jadi tidur terlalu larut malam. Alhasil kamu kesiangan deh besoknya pas mau sholat ied. Rasanya ngeselin sih. Karena sholat ied kan cuma setahun sekali dan kalo kesiangan tuh rasanya nggak sempurna aja gitu ibadahnya. Apalagi kalo alesan kesiangannya nggak banget kayak abis nongkrong nggak penting pas malemnya.

10. Sakit mendadak

Yah namanya juga penyakit bisa dateng kapan aja. Makanya nih kalo lagi lebaran tapi sakit kan rasanya ngeselin ya. Semua makanan enak nggak berasa, fisik juga nggak oke buat diajak salam salaman sama saudara saudara. Usahakan istirahat yang cukup, makan yang bergizi, dan bawa obat-obatan supaya nggak drop pas lebaran.

Ada yang mau nambahin nggak nih kira-kira apa sih hal menyebalkan saat lebaran?

Advertisements

2 thoughts on “10 Hal Menyebalkan Saat Lebaran”

leave your steps...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s