Wisata Hutan Mangrove di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk (PIK)

Ini adalah ketiga kalinya saya ke Pantai Indah Kapuk (PIK), sebuah daerah di utara Jakarta yang lagi rame-ramenya diomongin dan dikunjungin. Kali ini tujuan saya bukan untuk wisata kuliner. Ohya bagi kalian yang mau wisata kuliner di PIK, saya ada sedikit referensi. Silahkan baca disini. Tujuan saya ke PIK kali ini adalah nyobain naik kano. Dimana tuh?

Taman Wisata Alam tempatnya! Disini kamu bisa menikmati hutan mangrove atau yang biasa disebut hutan bakau. Buat yang lupa pelajaran SDnya, mangrove adalah pohon yang biasanya ditemui di daerah pantai yang berfungsi sebagai penyerap air dan penahan erosi. Ini pertama kalinya saya melihat langsung mangrove itu seperti apa, biasanya cuma lihat di buku pelajaran. Ternyata di Taman Wisata Alam ini banyak juga korporat yang menyumbang mangrove. Kamu juga bisa nyumbangin sedikit uang kamu buat menanam mangrove disitu.

IMG_1420

Processed with VSCOcam with t1 preset

Selain menikmati keindahan hutan mangrove, kamu juga bisa nyobain naik kano atau perahu. Beda sama di tempat rekreasi biasanya, disini kamu naik perahu atau kanonya sendiri, tanpa didayung mas masnya. Jadi ya lumayan lah buat ngebentuk otot dan ngerasain gimana capeknya jadi mas mas perahu. Cukup dengan ngeluarin duit Rp 50,000 untuk sewa perahu atau kano, kamu bisa naik perahu atau kano yang kamu mau selama 40 menit.

IMG_1523

Nggak cuma itu, kalo kamu anaknya alam banget dan nggak bisa banget ngeliat tanah kosong nganggur, yaudah kemah aja disitu. Karena disitu disewain juga tenda perkemahan. Kamu bisa bawa sendiri tenda kamu. Cuma disitu udah disediain juga tenda-tenda super cool yang terbuat dari kayu. Viewnya juga bagus karena langsung menghadap ke hutan mangrove.

IMG_1437

Taman Wisata Alam ini ternyata luas banget. Jalan kesanaan dikit dari tempat main kano atau perahu, ada jalan setapak super panjang yang terbuat dari batang kayu. Nah sebaiknya sih kamu nggak pakai flat shoes atau alas kaki bersol tipis karena pengalaman saya sih sakit banget kalau dipake jalan di jalanan setapak ini. Secara batang kayunya nggak begitu rapi penataannya. Di jalanan setapak yang ditutupi dengan pohon yang rimbun, ngingetin saya sama scene di film-film. Disini juga cocok banget kalau mau foto-foto.

IMG_1524

Kalau ditelusuri lagi, ternyata ada banyak banget jalan setapak yang super panjang itu. Salah satu jalan yang saya ambil ternyata berujung dengan view yang nggak kalah keren sama view yang di depan. Cuma ya gitu, karena terpencil juga tempatnya, jadinya dijadiin sarang orang pacaran deh. Saya juga nggak bisa lama-lama disitu.

Agak jalan kesana dikit, saya nemuin jalan setapak lainnya. Kali ini jalannya nggak dari batang kayu, tapi dari tanah biasa. Masih ditutupi pepohonan rindang, tapi sayangnya pohonnya nggak begitu banyak. Di tanah juga terdampar banyak sampah. Tapi ya lumayan juga sih buat foto-foto.

Ya begitu lah kunjungan saya ke Taman Wisata Alam. Ternyata oh ternyata, tempat ini udah lumayan eksis di kalangan wedding photographer. Taman Wisata Alam ini udah sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding. Makanya pas di pintu masuknya, ada warning gitu. Untuk yang mau foto pre-wedding dikenakan 1 juta Rupiah untuk sewa lokasi. Pas di pintu masuk juga petugasnya nanyain saya, apakah saya bawa kamera atau nggak. Karena yang bawa kamera dengan tujuan foto pre-wedding harus bayar 1 juta itu.

Nah gimana seru nggak? Ini bisa dijadiin tempat alternatif kamu dan pacar kamu buat ngabisin weekend kalian daripada ngemall atau nongkrong di kafe mulu. Selamat mencoba!

Alternatif jalan menuju Taman Wisata Alam:

a) Dari tol menuju bandara Soekarno-Hatta – keluar tol Kapuk Muara – kemudian masuk ke Pantai Indah Kapuk – ikuti arah ke Waterboom – kemudian ikuti arah ke Golf Mediteranian dan Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Sampai di TWA.

b) Dari Arah Pluit menuju Muara Karang kemudian masuk Pantai Indah Kapuk sampai ketemu RS PIK- ikuti arah ke Waterboom – kemudian ikuti arah ke Golf Mediteranian dan Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Sampai di TWA.

c) Dari Tol JORR Lingkar Barat keluar Kamal terus ke Jalan kamal Raya, masuk kompleks Elang Laut, PIK – ikuti arah ke Waterboom – kemudian ikuti arah ke Golf Mediteranian dan Garden House – Bunderan PIK – Pusat Agama Budha Tzu Chi – Sampai di TWA.

Taman Wisata Alam

Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (belakang Pusat Agama Budha Tsu Chi)

Tiket masuk: Rp. 10,000/orang

Mobil: Rp. 5,000/mobil

Sewa kano atau perahu: Rp. 50,000/40 menit

Advertisements

201 thoughts on “Wisata Hutan Mangrove di Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk (PIK)”

  1. Sorry sebelumnya, aku mau nanya kalo misalnya kita masuk mau bawa kamera tp tujuannya bukan untuk prewed, itu kena charge gak?

    1. Hallo! Aku mau ke sana rencananya tanggal 9 September. Penasaran karena lihat foto sahabat. Dan karena terbiasa dengan alam di Holland dan karena Mark Rutte PM Belanda pernah ke sana juga, jadi tertarik mau mengunjungi ke sana. Kaget saat dapat info dari keponakan di Jakarta kalau bawa kamera bayar 1 juta. Padahal aku benar benar cuma mau jepretannya dalam rangka liburan di Jakarta. Apakah petugasnya benar benar mau mengerti? Kalau tidak kan…. Sayang jauh jauh dari Holland, spesial mau membuat foto foto cantik tapi tak kesampaian… Thank you!!!!!

      1. halo mbak Rita! wah jauh banget dari Holland. ya begitulah mbak. setau saya sih semua jenis kamera kecuali kamera hp bakal disita petugas. saya sendiri sih gak pernah nyoba buat ngelobi petugas karena males berurusan. cobain aja mbak ntar kalo pas kesana ngelobi petugasnya. hehe selamat berlibur, mbak!

      2. Dari holland jauh jauh tapi ko sayang banget ya sama duit sejuta.. duit sejuta gak ada apa2 dengan tiket pesawat holland ke jakarta.. duit sejuta aja dipermasalahkan buat anda. Jgn jgn anda hoak ada di holland

  2. Mba, saya ada rencana moo prewedd dsna. Masih bingung sama perizinan nya, karena saya bawa fotografer sendiri. itu Qt bisa dtng ksna langsung foto apa harus minta izin dlu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI yang alamatnya ada di Jl Salemba Raya no 9 ??
    Mohon infonya ya mba, makasih

    1. Hari ini baru dari sana.. Untuk foto prewed cukup setoran ke petugas yang jaga disana. Biasanya langsung ditembak 500rb – 1 juta. Tawar aja sesuka hati..kalo lagi sepi sih biasanya dikasih 350rb.. hehe

  3. saya berencana mau berkunjung ke tempat tersebut tapi saya bukan mau foto prewed hanya saya mau membuat sebuah dokumentasi berupa film/video, apakah itu kena pungutan bayaran? Thanks sebelumnya.

  4. Kalo bawa kamera digital atau kamera dslr buat foto foto biasa aja dikenain charge juga kah? Jadi mesti pake henpon aja dong yak? Thanks

  5. Mba Febie, Retno sudah jd prewedd di PIK. Sebelum kesana Retno survei terlebih dahulu. Kesimpulanya di PIK itu ada 3 tempat Hutan Mangrove.

    1. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI, TIDAK DIBUKA UNTUK UMUM. Kalau mau kesana harus minta izin dulu, yang alamatnya ada di Jl Salemba Raya no 9.

    2. Taman EkoWIsata Mangrove, free cuma bayar parkir kendaraan aja. Kalau mau foto prewedd, izin lokasinya 350.000,-. Dapat Souvenir klu prewedd disitu (Tas Anyaman/ Kaos Cauple/ Gelas/ Sendal, Dll).

    3. Taman Wisata Alam Angke Kapuk “Mangrove”. Kena biaya masuk dan biaya kendaraan. kalau mau foto prewedd Rp. 1.000.000,-.* CP : 021-29033066

    Point 1 dan 2 kalau gak salah dikelola pemerintah atau pemda setempat klu ga salah.
    point 3, mahal karena dikelola oleh swasta. Disana juga ada tempat pernikahan dan penginapan.

    Kesimpulanya, Retno dan tim foto, prewedd di point no 2. Kata fotografer na tempat mahal atau murah tidak jadi masalah atau berpengaruh, yang ngaruh tuh gimana fotografer na cihuy gak pinter ga motret na. dan retno ga moo kalah tentu na model na pasti juga berpengaruh dunk, tuk hasil na. hehehehehe…..dan bener banget, hasil foto2 na retno puas bngt, bagus2 pdhl blm di edit.

    waktu survei kesana, di point 3 ada yang prewedd 2 orang, pakaian na heboh2 bngt.. lanjut survei di point 2, yang prewedd disna ada 7 orang, kebayangkan ruame dan seru na.. ke tiga lokasi hutan mangrove itu, ga terlalu jauh kok jaraknya…

    Soooo….kesna yuk, ga akan nyesel

  6. nice info mba, kamis kalo ngga ujan mau nyoba meluncur kesana deh, view yang bagus kayanya sore ya?
    numpang tanya mba, itu buka nya jam berapa dan tutupnya jam berapa. terima kasih 🙂

  7. kak, kalau masuk bawa kamera dslr apa kena biaya? saya mau meet up disana sama temen2, sekalian hunting foto.

  8. kak, kalau masuk bawa kamera dslr kena biaya atau ngga ya? saya mau meet up sama temen2 sekalian hunting foto.

  9. jadi intinya bawa camera DSLR gak bolehnya,,klw bawa camera pocket gimana ?sebelumnya makasih infonya.. 🙂

  10. Mba febie , kalo kita masuk bawa kamera tapi buat hunting foto biasa sama tmen tmen gitu , dikenain 1 jt juga ?

    1. sebelum masuk biasanya petugas nanya dan ngecek apakah pengunjung bawa kamera atau gak. kalo ketauan bawa kamera apapun bentuknya (kecuali hp), bakal ditahan sama mereka. kecuali emang ada event kayak prewed gitu izin sama mereka dan tulisannya sih 1 juta

  11. Halo febie, haha lagi browsing hutan mangrove malah liat blog lo ini. Gw rifa alpus kakaknya shabrina haha mau nanya dong, ke sana itu jalan jalan di dalemnya jalan kaki atau pake kendaraan ya? Trus view nya bagus? Dan bisa ngapai aja disana? Liat pemandangan aja ya? Maksudnya kaya outbond atau wahana gitu ada gak slain kano

    1. hai rifa haha ga jauh jauh ketemunya lo deh. iya disana jalan kaki pas di dalemnya. viewnya bagus sih soalnya jarang jarang kan liat hutan mangrove. palingan foto foto, naik kano, nginep juga bisa bikin tenda disana

  12. mbak ingin bertanya utk lokasi persisnya itu tepat di belakang tzu chi international school? sepertinya saya kemarin kesana namun beda lokasi (bnyk sampah dan tdk bagus)

  13. mbak utk sekedar info kemarin saya uda kesana dan harganya uda melonjak mbak.
    dewasa 25rb,anak2 15rb /10rb,mobil 10rb dan motor 5rb.
    utk perahu kayu pun 100rb mbak.
    kalau tdk salah penginapan 350rb utk yg kemah mbak.
    #sekedarinfo 🙂

  14. Mas..mbak punten numpang tanya. Ada yg pernah ke sana nya tanggal merah ndak? Rencana saya dan teman2 akan kesana tgl 17 aguatus nanti. Tapi takut tutup. Mohon infonya. Hatur nuhun..;)

  15. Mas..mbak punten numpang tanya. Ada yg pernah ke sana nya tanggal merah ndak? Rencana saya dan teman2 akan kesana tgl 17 agustus nanti. Tapi takut tutup. Mohon infonya. Hatur nuhun..;)

  16. Mau tanya kalo ke sana naik taksi, trs turun di depan gerbangnya atau gmn? Masuknya ke dalam jauh banget gak? Makasih 🙂

  17. dr photografernya udah nyaranin hunting foto disana, insyaAllah sih mao prewed disana tapi lumayan juga ya biayanya hehe 😀
    ada referensi juga ke hidden paradise pondok cabe sama tuh bagusnya, baru liat di mbah google sih, ada yang pnh kesana ga, info dong trims

    1. km foto prewedd na di hutan mangrove yg di kelola pemda aja kalau mau agak murah.baca deh tulisan aq di post bulan mei

  18. kalo sekiranya ngumpetin gopro trs kalo udah berhasil masuk di dlm br dikeluarin, bakal ketauan ga ya kak? hihi ada petugas yang berkeliarannya ga?

  19. klo bawa ipad sm bawa pocket camera tetap kena charge ngk ya?
    kok ketentuannya gk jelas ya harus bayar 1 juta rupiah…dasarnya mereka apa ya kira2?pdhl objek disana kan harusnya gratis ya….

  20. kak, itu harga tiket masuknya cuma 10.000 aja? beneran cuma segitu kak? gada tarif biaya yg lainnya kan kak?
    Mohon dibalas ya kak 😀 hehee

  21. wahhh blog ini ruamee sangad jga yaa mba febie, ini pertanyaan na sama jaaakk itu2 aja, dan km sabar sekaliii menjawab na….
    ini na ga nyesel foto prewedd di mangrove dehh, hasil na ok bngt…

  22. waaaaah , terimakasih tulisan tentang wisata hutan mangroove PIK, kebetulan sedang mencari tempat berakhir pekan selain mall di Jakarta. akan mencoba untuk kesana akhir pekan ini 🙂

  23. makasih refrensinya. cafetarianya bagus nggak?. yg nyewa kanonya kayanya ko dikit ya sy liat foto”nya diblog org hehehe

  24. Dear mba Febie,

    untuk harga dan jenis makanan di kafetaria nya apakah masuk dalam rekomendasi?
    kebetulan awal bulan depan akan morning ride bersama teman2 club motor.
    terima kasih atas informasinya..

    1. Hi mas (atau mbak) Andatte!

      Untuk kafetaria, saya kurang tau sih makanannya apa aja dan berapa harganya. Maaf gak bisa bantu. Tapi yang jelas rekomen banget sih kalo mau pergi bareng temen temen club motor.

  25. Sist bukanya dari jam berapa sampe jam berapa ya sist? Panas bgt gak sih daerah sana? Perlu bawa payung atau topi gak? Thank you bgt sistah muach!

    1. halo saohan,

      saya kurang ngerti ya kalau naik kendaraan umum. soalnya nggak pernah lihat bis atau angkot juga sih di PIK. tapi coba aja naik busway sampai arah terdekat bandara terus ngojek mungkin?

      1. maaf,kalo dari arah grogol lewat tol arah cawang apa muter balik ke arah kebon jeruk yaa? dan sehabis itu keluarnya ditol mana? rencananya saya ke sana hari jumat tanggal 6 minggu besok

  26. Wah kak thanks for the info ya bener2 bantu banget , anw kira2 dari jam 10 pagi gitu udah buka belum ya kak? Kalo misalnya tau. Thanks before :))

  27. Kak mau tanya dong, kalo gak salah aku pernah baca artikel kakak yg tentang twa juga tapi ada keterangan alternatif jalan yg naik busway. Kalo gak salah kakak dari arah pinang ranti kan? Boleh tau gak naik apa aja kalo dri halte busway pinang ranti

      1. dear edit,

        sepertinya harus izin ke pengelola Taman Wisata Alam. kalau biaya aku kurang tahu ya sekarang berapa. kalau waktu aku kesana pertama kali sih 1 juta, tapi itu kan tahun 2013 hehe. coba tanya tanya sama pengelolanya aja. thank you.

  28. Hai mba febie, mau nanya nih. Kalau bawa kamera go pro bs gak ya? Kalau mau foto via go pro kan aplikasinya ada di hape ,tetep dilarang atau gmna ya mbak? Thanks.

  29. Dear Febie,
    Beb, kalau aku baca sebagian komentar diatas.. Intinya kalau foto pakai DSLR tetapi bukan untuk prewedd hanya iseng foto aja dikenakan biaya juga yaa ?? Mksh 😚

  30. Hai febie,
    Sy heran jd sebetulnya lokasi mangrove yang ada wisata kano, penginapan, dll itu lokasi yang mana?
    Apakah yang dekat ruko mediterania niaga, atau yang dekat Budha Tzu Chi ?
    Ini memang ada dua lokasi atau seperti apa?
    Mohon pencerahannya,,terima kasih

  31. Dear Mbak Febie.
    Sori. mau tanya untuk foto prewedding langsung datang saja dan bayar denda kamera apa harus ijin ya? dan biasanya bayar ke petugas yang di depan waktu kita mau masuk itu ya atau bagaimana? mohon bantuannya ya.
    terima kasih

  32. Harga tiket masuknya perorang itu 10 rb apa 25 rb,soalnya saya browsing di artikel lain itu 25 rb,tpi di sini 10 rb

  33. mba, kalau masuk pakai motor gk bisa yah ?? brpa kalau masuk pakai kendaraan motor ?? skrg tiket masuknya brpa kira” ??
    makasih mbak

    1. halo. pake motor bisa deh kayaknya soalnya pernah liat orang bawa motor juga. kalo tiket masuk motor dan masuk mangrovenya sekarang sih denger denger 25 ribu cuma aku nggak tau ya apa udah naik apa belom. semoga membantu ya

  34. Itu kawasan wisata alam mangrove yg mana ya mba ?? Soalnya saya pernah ksana, tapi cuma banyak orang yg mancing doang..

    Bayarnya jg cuma 5000 doang

  35. Mau tanya donk..memng disna ada tempt penginapan nya? Dan gmna caranya saya naik motor misalnya arah kesan. Dari metro permata. Karang tengah ciledug. Mksih

  36. Mlem mba..sya mau tanya? Memng di sna ada penginapnya? Dan bagai mna sya kesna klu bwa motor dri metro permat.karang tengah.cileduh

    1. Hai Mbak Pitta. Iya setahu saya disana ada penginapannya. Wah kalau bawa motor saya kurang tahu jalannya. Mungkin ke arah Cengkareng dulu kali ya, baru nanti lewat Kapuk. Coba pake Waze aja mbak. Good luck and have fun!

leave your steps...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s