Tipe-tipe Pendengar Curhat

curhat

Oke berhubung saya nggak bisa tidur dan tiba-tiba ada hasrat nulis, yaudah saya tulis aja deh ya. Sebenernya ini juga hasil pengamatan pribadi saya selama ini curhat sama orang. Saya termasuk orang yang lumayan gampang curhat sama orang. Sebenernya nggak sama semua orang sih. Ya pilih-pilih lah ya. Curhatannya pun juga saya cocokkin sama orang yang bakal denger. Ya gitu deh langsung aja kali ya daripada ntar saya jadi curhat disini.

1. Pendengar yang tabah dan netral

Ini adalah salah satu tipe pendengar curhat yang saya suka. Biasanya dia bakal sabar banget dengerin saya ngomong dari A sampe Z tanpa motong curhatan saya. Selain itu setelah saya stop, dia pun orangnya netral. Suka ngasih opini dan masukan yang berbobot yang bikin saya mikir. Orang ini biasanya nggak pernah maksa saya harus gimana. Ya tipe-tipe orang ini cocok banget kalo saya curhat masalah yang lumayan berat seperti masalah hidup atau percintaan. Soalnya pada dasarnya sih saya tuh orang yang butuh didenger aja dan I prefer take my own decision. Gitu deh.

2. Pendengar yang tabah tapi kompor

Nah kalo ini sabar banget sih. Dengerin cerita sampe abis juga biasanya tanpa motong curhatan. Tapi ya abis itu biasanya dia ngompor-ngomporin. Ya mendukung emosi saya gitu deh. Yang kayak gini kadang bikin saya seneng juga karena dia orangnya ngedukung banget. Tapi biasanya sih yang kayak gini nggak gitu ngasih masukan, jadinya sih ya saya terpaku sama masalah itu terus. Saya jadinya mikirin masalah itu terus. Tapi sih ujung-ujungnya ya toh saya yang ngambil keputusan sih haha. Orang kayak gini emang enak juga sih buat dicurhatin kalo lagi awal-awal dapet masalah. Berasa ada supporter aja gitu.

3. Pendengar yang tabah dan no comment

Hmm sabar sih sabar banget dengerinnya. Tapi abis itu dia no comment gitu deh. Atau suka bingung mau bilang apa. Mungkin orang kayak gini takut salah ngomong kali ya. Bisa juga mereka ngebiarin saya ngambil tindakan semau saya. Orang kayak gini cocok banget kalo saya mau curhat tanpa mau dikasih tau mana yang bener mana yang salah. Mirip sama yang kompor tapi bedanya saya nggak gitu didukung gitu emosinya.

4. Pendengar yang suka motong pembicaraan

Lagi asik-asik cerita, eh dipotong dengan pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaannya bisa macem-macem mulai dari yang pengen tau lebih detail atau kadang nanyain tadi saya ngomong apa karena nggak fokus. Kadang juga ada yang nanya intinya aja apa karena mungkin udah nggak sabar dengerin curhatan saya haha. Sebenernya agak kesel juga ya curhat sama orang kayak gini. Tapi positifnya adalah.. apa ya. Mungkin yang penting akhirnya beban pikiran saya berkurang haha.

5. Pendengar yang malah ikutan curhat

Mungkin karena pas aja kali ya masalah saya sama sama masalah mereka di satu waktu. Atau kadang mereka teringat sama momen-momen kehidupan mereka yang persis sama curhatan saya. Ya gitu deh jadinya ikutan curhat. Biasanya sih sekalian ngasih pelajaran berharga sama masukan gitu deh. Walaupun saya agak bete juga sama orang kayak gini, somehow mereka sebenernya membangun juga sih. Saya juga jadi dapet banyak pelajaran. Tapi kalo pas sial dia yang malah curhat panjang lebar banget, ya lumayan bikin lumanyun juga sih.

Ya gitu deh. Buat yang baca, sebenernya saya nggak bermaksud apa-apa selain pengen nulis aja. Sebenernya ini juga salah satu curhatan saya sih. Ya maaf-maaf deh ya. Muah!

 

2 thoughts on “Tipe-tipe Pendengar Curhat”

leave your steps...

