2013

happy new year! selamat tahun baru 2013! bagaimana suasana tahun baru kalian? kalau saya sih, ya bisa dilihat saja ya di gambar di atas. seperti itulah suasana tahun baru saya. yup, saya ‘merayakan’ tahun baru bersama adit dan endy di car free night sudirman. untuk pertama kalinya jalan sudirman ditutup untuk kendaraan roda empat pada malam hari demi merayakan tahun baru. pertama kali saya mendengar tentang car free night, “wow” adalah sepatah kata yang terucap dari bibir saya. menurut saya, ide itu sangat bagus sekali. selain mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh mobil, tentu saja car free night membuat kita jadi bisa menikmati kota jakarta di malam hari tanpa asap knalpot dan lebih menikmati suasana tahun baru. tapi setelah saya pergi ke lokasi, saya cepat-cepat menarik lagi kekaguman saya atas ide car free night tersebut.

bagaimana tidak. car free night justru membuat kemacetan bagi pengendara kendaraan yang ingin merayakan tahun baru di bundaran HI. susah sekali untuk mendapatkan parkir, apalagi gedung-gedung yang menyediakan parkiran terbatas dan juga akses ke gedung tersebut susah kalau jalan besar ditutup. setelah struggling dengan kemacetan dan sempat berputar-putar mencari jalan, alhamdulillah kami dapat parkir di sebuah jalan perumahan tepat di belakang sebuah gedung (saya lupa nama gedungnya).

setelah sampai di jalan thamrin, kami harus membuka payung karena gerimis lumayan deras. kami juga harus berkelana menerobos lautan manusia untuk sampai ke bundaran HI, tempat dimana acara kembang api diselenggarakan. saya dan adit harus terus bergandengan tangan karena manusia saling berdempet-dempetan, mencoba mencari jalan. belum lagi di saat perjalanan menerobos, saya mendapatkan jackpot  berupa becek genangan air yang masuk ke sepatu saya. saya benar-benar tidak paham lagi dengan jakarta. bahkan saat berjalan kaki di kerumunan orang saja saya bisa terkena ‘banjir’.

saya dan adit menyerah. sebelum sampai bundaran HI, saya dan adit memutuskan untuk belok ke arah st. theresia. sedangkan endy pisah ke arah grand indonesia karena dia ingin bertemu temannya. nah ini dia nih. perjuangan sekali untuk bisa belok ke jalan yang menuju st. theresia. lautan manusia plus sepeda saling dorong dan berebut untuk jalan. tepat di sebelah saya, ada seorang anak kecil yang sepertinya sesak nafas karena saking penuhnya orang berdesakkan. keadaan makin kacau karena ada 2 arus; yang mau ke st. theresia dan yang mau ke bundaran HI. wah itu perjuangan sekali. disitu saya benar-benar diuji kesabarannya. mulai dari yang sabar menahan diri karena orang-orang di depan saya malah foto-foto bukannya memberi jalan, menahan untuk tidak berteriak karena ada anak kecil yang sesak nafas dan manusia-manusia egois di depan saya yang susah sekali memberi jalan lewat dan tidak ada belas kasihan, sampai menahan diri untuk tidak memuntahkan kekesalan saya kepada seorang polisi yang dengan arogannya tetap merasa benar sebagai pihak yang mengatur ‘lalu lintas’ ini padahal dia tidak tahu kondisi lapangannya bagaimana. dia malah membuka jalan untuk 2 arah, padahal arah kami (ke st. theresia) dengan banyaknya orang plus sepeda saja sudah mati-matian mau lewat. saya tidak mengerti lagi.

alhamdulillah setelah berjuang, saya dan adit bisa keluar juga dari kerumunan. kami jalan kaki menuju mobil melewati jalan menteng. sesampainya di mobil, ternyata endy masih terus berjuang di daerah grand indonesia sana. saya tertidur dan saya tidak tahu lagi kelanjutannya seperti apa. bangun bangun saya sudah sampai di rumah. terima kasih adit!

wah benar-benar sebuah life experience! pelajaran dan ujian sekali buat saya. lain kali, saya tidak akan ikut acara yang melibatkan kerumunan massa seperti car free night. selain saya pusing karena tidak bisa berada di tengah keramaian, saya juga bisa sesak nafas dan menurut saya itu semua hanya buang-buang waktu. mungkin lain kali, saya akan merayakan tahun baru di rumah saja dengan orang-orang yang saya cintai atau sendirian bersama bunga mimpi.

sekali lagi saya ucapkan selamat tahun baru 2013! semoga di tahun ini kita bisa menjadi orang yang lebih baik dari tahun sebelumnya, serta resolusi yang dibuat benar-benar bisa dijalankan dan achieve the goal. see you! 😉

leave your steps...

