[Concert Review] Incubus World Tour 2011-2012; Jakarta, Indonesia

pertama2 gw mau ngucapin ALHAMDULILLAH yang banyak karena akhirnya gw bisa nulis tentang konser incubus. kali ini tulisan gw bukan tentang angan2 dan harapan buat nonton incubus, tapi akhirnya gw akan mereview konser incubus yang gw tonton berdasarkan perspektif gw.
akhirnya incubus dateng juga ke indonesia. tanggal 26 juli 2011 kemaren, band yang beranggotakan brandon boyd, mike einziger, ben kenney, chris kilmore, dan jose passilas ini akhirnya manggung juga di jakarta. gw senengnya bukan main. waktu itu gw denger kabar mereka bakal manggung di indonesia dari 2 atau 3 bulan sebelumnya. gw langsung beli tiket presalenya dan bela2in buat bayar lebih biar bisa nonton di festival.
setelah penantian panjang, akhirnya hari selasa kemaren gw berangkat juga ke istora senayan buat nonton aksi panggung mereka. gw nonton bareng temen gw, si timothy, yang ternyata bawa temen2 sma-nya. gw nyampe istora jam 6:30 sore. sengaja lebih awal karena gw harus ngambil tiket gw yang ada di temen gw, si rio jerbat. setelah ambil tiket, sambil nunggu timothy dateng, gw ke fx dulu makan sama adit. pas udah jam 7:30-an gw dibonceng adit dari fx sampe ke istora naik sepeda hihihi.
singkat cerita, jam 8 malam kita udah masuk ke dalam area konser. ternyata ada opening band dulu yang gw ga tau nama bandnya apa dan menurut gw lagunya gak jelas. salahkan soundnya yang jelek abis dan lagu yang sempet teriak2 gak jelas. oke skip aja deh. singkatnya abis opening band itu, dilakukanlah check sound sampe jam 9. wih lama juga ya… rada bete juga nunggunya soalnya pegel berdiri. akhirnya daripada bete, gw duduk ngemper di lantai yang lumayan lapang space-nya karena ntah kenapa suasana gak gitu rame di bagian festival.
tiba2 lampu panggung mati dan gw langsung bangkit dari duduk ngemper gw. langsung deh tuh masuk 5 personil incubusnya. pandangan pertama gw adalah brandon boyd. asli gw deg2an banget liat dia sampe ikutan jingkrak2 nge-yeay bareng penonton yang lain. gak ngerti deh, rasanya masih kayak mimpi aja bisa dateng ke konser incubus dan ngeliat brandon boyd dan kawan2 secara langsung di depan mata.
suara2 kayak radio rusak yang kompleks adalah suara pertama yang mereka mainkan. dan saat itu juga gw tau kalo lagu pembuka konser kali ini adalah megalomaniac. penonton jingkrak2 dan gw keikut suasana. gak banyak jeda yang dikasih sama boyd karena setiap abis ngebawain lagu, boyd cuma bilang “thank you” sambil terus ngeloyor ke deket pasillas. terus abis itu dia balik lagi ke depan dan langsung nyanyiin lagu berikutnya. gw bakal kasih setlist lengkapnya di bawah aja ya. soalnya gak ada yang gitu special dari pergantian lagu. menurut gw yang special ya setlist, power mereka saat bawain semua lagu2nya dan tentunya ya incubusnya.
mereka bawain 17 lagu yang diambil dari hampir semua album; s.c.i.e.n.c.e, make yourself, morning view, a crow left to the murder, light grenades sampai album baru mereka yang judulnya if not now, when? alhamdulillahnya mereka berhasil ngasih penonton encore yang menurut gw keren juga dan pas. konser berdurasi 1 1/2 jam yang dibuka oleh megalomaniac dan ditutup oleh nice to know you itu menurut gw perfect!
overall, gw sangat seneng. rasanya kayak naik haji gitu. soalnya kalo masih inget sama postingan gw yang ini, rasanya gw puas banget karena gw udah berhasil mewujudkan satu diantaranya. gw udah kenal sama incubus dari gw smp. tapi emang gw baru ngefans berat pas sma. itu semua gara2 temen gw, mega, minjemin mp3 light grenades-nya incubus. pas gw denger semua lagu2 di album itu, gw langsung suka parah dan langsung dengerin lagu2 lain di album2 lain yang ternyata keren2 banget! pokoknya gw seneng banget akhirnya bisa kesampean juga nih incubus. semoga incubus dateng lagi di tahun2 berikutnya. pokoknya kalo ada lagi, gw pasti nonton lagi. pasti!
I love you incubus!
setlist:
  1. megalomaniac
  2. wish you were here
  3. consequence
  4. pardon me
  5. anna molly
  6. love hurts
  7. circles
  8. look alive
  9. promises, promises
  10. the warmth
  11. drive
  12. rogues
  13. isadore
  14. glass
  15. talk show on mute
  16. adolescent
  17. a crow left to the murder
encore:
18. in the company of wolves
19. nice to know you
(photo’s sources: @incunesia, @elculle, @pixelfreaks, @Mardina_GI, @vindalyze)
1 thought on “[Concert Review] Incubus World Tour 2011-2012; Jakarta, Indonesia”

leave your steps...

